Rabu, 01 Mei 2013

Pengkabelan

Posted by Unknown | 14.05 Categories:


Jaringan komputer adalah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih computer agar saling terhubung satu sama lain dan dapat berbagi pakai. Maka dibutuhkan media transmisi. Empat jenis kabel jaringan yang umum digunakan:
1.    Kabel coaxial
Terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga.Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Kabel ini mirip dengan kabel televise. Tapi sekarang jarang digunakan.

2.    Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel yang umum dan sering digunakan pada jaringan. Konektor yang bisa digunakan untuk UTP cable CAT5 adalah RJ-45. Secara umum, dikenal dua buah tipe menyambungkan kabel UTP untuk penggunaan kokneksi computer, yaitu:
a.      Straight cable
Merupakan pemasangan kabel menggunakan RJ-45, dengan menghubungkan ujung satu dengan ujung lain dengan satu warna atau bisa disebut dengan teknik pemasangan yang lurus.  Fungsi dari jenis koneksi ini digunakan untuk menghubungkan client ke router/hub.
Penggunaan kabel straight:
-          Menghubungkan computer ke port biasa di Switch.
-          Menghubungakn computer ke poert LAN modem cable/DSL.
-          Menghubungkan port WAN router ke port LAN modem cable/DSL.
-          Menghubungkan port LAN router ke port uplink di Switch.
-          Menghubungkan 2 HUB/ Switch dengan salah satu HUB/Switch menggunakan port uplinkdan lainnya menggunakan port biasa.

Cara merakit kabel straight
1.      Memotong kebel sesuai dengan panjang yang diperlukan dan mengupas bagian pelindung luar kabel menggunakan crimping tool.
2.      Menyusun urutan warna pada konektor 1 dan konektor 2 (putih-hijau, hijau, putih-oranye, biru, putih-biru, oranye, putih coklat, coklat). Memasukkan kabel pada konektor sesuai dengan urutan warna.
3.      Mengunci konektor dengan crimping tool, hingga terminal-terminal menjepit kabel dengan kuat.
4.      Memasang kedua ujung kabel dengan konektor dengan menggunakan kabel tester.



b.      Crossover cable
Merupakan kabel yang digunalkan untuk menghubungkan perangkat yang sama dalam satu jaringan. Misalnya menghubungkan satu computer dengan computer lainnya. Crossover sedikit lebih sulit, karena kabel pada pin 1-2-3-6 pada sisi-1 disilangkan dengan pin 3-6-1-2 di sisi-2.




Penggunaan kabel crossover:
-          Menghubungkan dua buah computer secara langsung.
-          Menghubungkan dua buah HUB/Switch menggunakan port biasa diantara kedua HUB.
-          Menghubungkan computer ke port uplink switch
-          Menghubungkan port LAN router ke port biasadi HUB / Switch

Cara merakit kabel cross
5.      Memotong kebel sesuai dengan panjang yang diperlukan dan mengupas bagian pelindung luar kabel menggunakan crimping tool.
6.      Menyusun urutan warna pada konektor 1 (putih-hijau, hijau, putih-oranye, biru, putih-biru, oranye, putih coklat, coklat) dan pada konektor 2(putih-oranye, oranye, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat)
7.      Memasukkan kabel pada konektor sesuai dengan urutan warna
8.      Mengunci konektor dengan crimping tool, hingga terminal-terminal menjepit kabel dengan kuat
9.      Memasang kedua ujung kabel dengan konektor dengan menggunakan kabel tester.

3.      Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
Memiliki pembungkus yang lebih kuat disbanding dengan UTP. cocok digunakan untuk konfigurasi kabel outdor dan sering digunakan untuk jaringan topologi ring

4.      Kabel Optik(Fiber Optik)
Fiber optik memiliki jarak yang lebih jauh daripada twisted pair dan coaxial. Inferensi sangat minim, karena pengiriman dengan menggunakan sinar.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan bila anda tidak ingin menampilkan pesan komentar.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube
codecademy