Rabu, 01 Mei 2013

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Posted by Unknown | 14.13 Categories:


Ketika belajar tentang Pengantar Teknologi, kita akan mempelajari tentang teknologi informasi dan komponen teknologi informasi.
Sebelumnya kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan data. Data merupakan kumpulan fakta dan diperlakukan sebagai raw materials. Terdapat beberapa jenis data yakni : teks, gambar, audio atau suara, video. Data setelah dimanipulasi atau diolah sehingga memiliki makna di dalam konteksnya, dan saling berhubungan disebut informasi.

Data(umumnya) perlu mengalami tahap pemrosesan untuk menjadi suatu informasi. Sifat yang dimiliki informasi adalah perfect (sempurna, pasti); imperfect (tidak sempurna, mengandung unsure ketidakpastian).  Informasi dapat berasal dari berbagai sumber seperti pengamatan lapangan(observasi), kuesioner/ angket, kejadian/event(pencatatan/ perekaman), pemodelan (simulasi, forecasting), media masa, alat telekomunikasi, alat elektronis, dll.
Dari suatu informasi akan di dapatkan sebuah pengetahuan(knowledge). Pengetahuan  adalah hasil internalisasi informasi atau hasil memahami informasi untk mendukung keputusan.
                                   
                       

karakteristik informasi yang baik yaitu tepat waktu atau tidak basi, akurat,mudah di akses, menghilangkan keraguan, berhubungan, berdasar fakta.
Informasi mengalami sebuah evolusi. Mulai dari abad pertanian (tahun <1800), para petani bertani menggunakan tenaga manusia dan tangan, abad industry (1800 - 1957) para pekerja pabrik menggunakan tenaga kerja manusia dan mesin, abad informasi (1957 – sekarang) pekerja terdidik menggunakan tenaga dan teknologi informasi.
Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak masyarakat yang lebih banyak bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industry. Sehingga masyarakat yang demikian disebut dengan masyarakat informasi.
            Setelah mengetahui tentang data dan informasi, selanjutnya perlu mengetahui tentang teknologi. Teknologi merujuk pada ilmu pengetahuan. Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian saintifik ke praktis.
      Dalam kamus Oxford (1995): TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar
Turban: The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization
Tujuan teknologi informasi Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.  Teknologi informasi  juga berfungsi  menangkap (Capture), mengolah (Processing), menghasilkan (Generating), menyimpan (Storage), mengambil kembali (Retrieval), melakukan transmisi (Transmission).
Teknologi informasi diperlukan karena
a.      Kompleksitas tugas manajemen
b.      Pengaruh globalisasi
c.       Perlunya response time cepat
d.      Tekanan persaingan bisnis
e.      Peningkatan layanan

Dalam pemahaman teknologi informasi terdapat komponen utama yakni  hardware(HW) perangkat keras , istilah umum yang merujuk pada bagian- bagian fisisk dari sebuah teknologi;  software (SW) atau perangakat lunak  sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk : program , dokumen , data; serta brainware (BW) adalah manusia  yang berhubungan dengan sistem  komputer. Terdapat pula komponen lain yaitu firmware dan infoware. Firmware bukan software, juga bukan hardware. Firmware merupakan perangkat lunak yang ”ditanamkan”  ke perangkat keras secara semi permanen. Infoware misalnya user manual, SOP, cyber law.
Sering kita jumpai penerapan teknologi informasi  di berbagai bidang seperti industry,  perbankan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hiburan, dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan bila anda tidak ingin menampilkan pesan komentar.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube
codecademy